DewagoalKompetisi Premier League dan Serie A kasta di bawahnya akhirnya mendapat izin dari pemerintah Inggris dan Italia untuk digulirkan kembali mulai Juni mendatang.

Sebelumnya, pemerintah Inggris dan Italia akhirnya bakal memberikan izin terhadap kegiatan olahraga untuk dilakukan kembali mulai 1 Juni mendatang, seiring dengan penghapusan kebijakan lockdown.

Keputusan ini direspons Premier League dan Serie A dengan menggelar pertemuan pada Senin (11/5/2020) kemarin. Hasilnya, 20 klub partisipan berkomitmen untuk melanjutkan musim 2019-20 ini.

Pernyataan Pemerintah Inggris

Premier League Clubs to Monitor Players Training at Home With ...
Kabar Baik, Premier League dan Serie A Siap Digulirkan Kembali Mulai Juni

Kini pemerintah Inggris lewat Sekretaris Kebudayaan (setingkat menteri) yang juga mengurusi bidang olahraga, Oliver Dowden menyatakan bahwa Premier League dan EFL bebas untuk menentukan kapan mereka kembali bergulir.

Hal tersebut ia katakan usai menggelar pertemuan via video dengan para petinggi dari Premier League, EFL, dan federasi sepak bola Inggris FA.

"Pemerintah membuka pintu bagi sepak bola kompetitif untuk kembali dengan aman pada Jui," ujar Dowden seperti dikutip Goal International.

"Hal ini termasuk memperlebar akses bagi fans untuk menyaksikan siaran langsung dan memastikan finansial dari kelanjutan pertandingan ini mendukung keluarga sepak bola secara lebih lebar," tambahnya.

"Sekarang terserah kepada otoritas sepak bola untuk bersepakat dan menyelesaikan detail dari rencana mereka. Ada niat baik untuk mencapai hal ini bagi fans mereka, komunitas sepak bola dan negara secara keseluruhan," tukasnya.

Pernyataan Pemerintah Italia

a possible date for resumption of training in Serie A | Web24 News
Kabar Baik, Premier League dan Serie A Siap Digulirkan Kembali Mulai Juni

Serie A sudah dihentikan sementara sejak Maret lalu karena serangan virus corona. Pasalnya, Italia merupakan salah satu negara Eropa dengan kasus Covid-19 paling tinggi.

Setelah kurang lebih dua bulan menunggu, para pemain sudah kembali ke klub masing-masing sejak pekan lalu. Mereka mulai berlatih di lapangan tim, tapi masih terpisah dan harus menjaga jarak.

Kini, kabarnya mulai Senin 18 Mei 2020 pekan depan, klub-klub diizinkan menggelar latihan seluruh tim. Tentu tetap dengan protokol ketat.

"Beberapa menit lalu saya menerima surat dari presiden FIGC, Gabriele Gravina, yang mengumumkan bahwa FIGC sudah menerima setiap saran Scientific Technical Comitee, menyesuaikan kembali protokol untuk mengizinkan latihan kembali per 18 Mei," ungkap Vincenzo Spadafora, menteri olahraga Italia.

Syarat yang Harus Dipenuhi

Proyek kembalinya kompetisi yang dinamai 'Project Restart' ini bukannya tanpa masalah. Beberapa klub kabarnya menentang rencana memainkan pertandingan tanpa penonton.

Sementara itu, beberapa pihak lainnya mempertanyakan keamanan para pemain dan pelatih karena kasus positif Covid-19 masih ada di Inggris. Dowden pun menegaskan bahwa izin hanya akan diberikan jika persyaratan keamanan sudah dipenuhi.

"Pemerintah dan ahli medis akan terus menawarkan panduan dan dukungan terhadap pertandingan menjelang keputusan akhir yang akan membuat rencana ini dijalankan," tutur Dowden.

"Kami semua sepakat bahwa kami hanya akan menggulirkan kompetisi kembali jika aman dilakukan dan kesehatan dan kesejahteraan para pemain, pelatih, serta staf diutamakan," tegasnya.

Hak Siar
Klub Serie A Terancam Tak Terima Uang Hak Siar - bolaskor.com
Kabar Baik, Premier League dan Serie A Siap Digulirkan Kembali Mulai Juni

Pada pernyataan yang sama, Serie A pun mengonfirmasi bahwa pemegang hak siar tetap akan memenuhi kewajiban mereka. Tentu ini jadi kabar baik, sebab liga dan klub-klub sedang menghadapi ancaman krisis finansial yang sangat besar.

"Majelis Serie A hari ini bertemu dengan semua perusahaan yang berkepentingan melalui panggilan konferensi video. Serie A menegaskan kembali, mengenai lisensi hak siar tahun 2018 sampai 2021, mereka tetap akan mematuhi tenggat pembayaran sesuai kontrak."

Tanpa Penonton

Bagaimanapun, terlepas dari kemungkinan menggelar pertandingan tanpa penonton, kembalinya Serie A jelas jadi kabar baik. Setidak-tidaknya masih ada satu bulan bagi para pemain untuk memaksimalkan kondisi fisik mereka.