yandex

Ferguson Nyaris Dibuang Manchester United Gara-gara Ini, Deja vu Nasib Solskjaer?

Liga Primer Inggris – Sir Alex Ferguson menjadi nama yang paling dielu-elukan oleh Manchester United ketika selalu mendominasi Liga Inggris. Akui ia nyaris dipecat, benarkah nasibnya seolah menurun ke Ole Gunnar Solskjaer, pelatih saat ini?

Ditunjuk jadi juru taktik tahun 1986 gantikan Ron Atkinson, pelatih berkebangsaan Skotlandia ini langsung mampu torehkan sejarah manis. Bagaimana tidak? Ia sudah meraih kemenangan liga domestik sebanyak 13 kali berikut treble winners bersejarah.

Berbagai pemain hebat pun lahir dari tangan pelatih legendaris ini mulai dari Gary Neville, Paul Scholes, David Beckham, Cristiano Ronaldo yang masih aktif saat ini hingga Ole Gunnar Solskjaer. Namun, siapa sangka perjalanan Sir Alex Ferguson  tak selalu manis.

Ya, selama 27 tahun menukangi tim bermarkas di Old Trafford tersebut banyak kesulitan yang harus dijalani oleh Ferguson. Saat awal saja ia harus berurusan dengan pemain seperti Norman Whiteside, Paul McGrath, dan Bryan Robson yang maniak miras.

Meski 35 tahun lalu ia bisa tunjukkan perkembangan cukup signifikan, pada musim 1989-1990, Red Devils mulai mengecewakan dengan empat kekalahan di lima pertandingan. Hasilnya? Sang mantan juru taktik ini mengaku terancam dipecat.

Ketika ditanya saat orang-orang meragukannya melatih Manchester United, ia bilang, “Tentu saja ada! Saya berpikir ada kalanya kami tak memenangi pertandinganm pada 1989 di bulan Desember, kami tak pernah lagi menangi laga,” tuturnya dilansir Daily Star.

“Saya terpaksa harus bekerja keras ketika banyak keraguan yang datang dari pihak-pihak lain. Intinya, saya berpikir positif, melakukan pembenahan tim, perubahan pola latihan, dan percaya hari berikutnya akan jadi saat yang lebih baik,” tutupnya.

Demi Bisa ‘Ulangi’ Era Ferguson, Solskjaer Meniru Mantan Pelatihnya di Manchester United
Akhirnya Sir Alex Ferguson pun berhasil bangkit dari keterpurukan ketika punya pemain seperti Paul Parker, Steve Bruce, Gary Pallister, dan Denis Irwin.

Cetak banyak hal bersejarah hingga pensiun pada 2013, tak ada yang menyangka ada kemiripan dirinya dengan Ole Gunnar Solskjaer.

Ketika ditunjuk sebagai pengganti sekaliber Jose Mourinho, caretaker asal Norwegia ini terbilang kesulitan menemukan gaya kepelatihan yang pas bagi Setan Merah.

Hasilnya, berbagai hasil kurang memuaskan sekaligus nirgelar didapatkannya sejak 2018 lalu.

Akan tetapi, sepanjang musim ini ia justru kembangkan potensi Manchester United secara mengejutkan. Bayangkan, setelah berjibaku di awal musim dan tersingkir dari Liga Champions, 22 laga tandang tanpa kalah buat timnya berada di peringkat atas klasemen sementara.

Selain itu, bukti lain yang begitu mengerikan ialah ketika ia mampu buat Bruno Fernandes beserta koleganya kalahkan Manchester City yang menang beruntun sebanyak 21 kali. Mantan bek, Ashley Young, sendiri bersaksi jika pelatih ini mirip dengan Fergie.

Apa yang membuatnya begitu mirip dengan mantan pelatih itu disebutkan oleh laman JOE ialah metodenya. Pertama, Solskjaer kabarnya selalu berteriak kepada para pemain untuk berikan motivasi, kemudian berlanjut ke hubungan baik dengan semua anak asuhnya.

Bak deja vu, kondisi inilah yang bisa jadi sinyal kehebatan Sir Alex Ferguson bisa menurun ke Ole Gunnar Solskjaer. Siapa tahu? Momen Manchester United memenangkan Liga Inggris di masa depan bakal jadi kenyataan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button