Dewagoal.com - Barcelona dan Juventus akan melakukan barter dua gelandang, Arthur Melo dengan Miralem Pjanic. Barcelona akan melepas Arthur (23 tahun) senilai 80 juta euro sementara kubu Camp Nou bakal mendatangkan Miralem Pjanic (30 tahun) senilai 70 juta euro.

Barcelona memerlukan transfer barter ini terwujud sebelum 30 Juni 2020 agar menyeimbangkan neraca di laporan keuangan mereka.

Artur Melo
Miralem Pjanic dan Arthur Melo

Selisih 10 juta euro dari transaksi tersebut seharusnya tak berarti banyak bagi kubu Camp Nou.

Namun, di laporan keuangan klub, Barcelona akan mendapatkan surplus hingga 60 juta euro alias sekitar 1 triliun rupiah.

Keuntungan Yang Diperoleh Oleh Barcelona Kalau Arthur Melo Dijual

Arthur Melo
Miralem Pjanic dan Arthur Melo

Hal ini dijelaskan lebih lanjut oleh akun @SwissRamble yang spesialis membahas sisi keuangan di sepak bola.

Kendati sedikit rumit, hal fundamentalnya ada satu:

"Ketika suatu klub membeli pemain, biaya pengeluaran klub tersebut disebar ke beberapa tahun ke depan. Namun, keuntungan dari penjualan pemain akan langsung masuk ke neraca keuangan," cuitnya.

"Klub sepak bola menganggap pemain sebagai aset, sehingga mereka tidak langsung mengeluarkan biaya di tahun pemain itu dibeli tetapi dipecah sesuai panjang kontrak sang pemain lewat amortisasi (penurunan atau pengurangan nilai aktiva tak berwujud)."

Seperti yang disebut di atas, pemasukan dari penjualan pemain akan langsung dimasukkan ke buku keuangan klub.

Baca Juga : Benarkah Lionel Messi dan Antoine Griezmann Baku Hantam Saat Latihan?

Alhasil, Barcelona akan untung 60 juta euro jika transfer ini terwujud dan sang gelandang asal Brasil tersebut dijual senilai 80 juta euro.

Cara lain melihatnya adalah keuntungan tunai dari penjualan Arthur menjadi 50 juta euro (80 juta euro dari Juventus dikurangi 30 juta euro yang Barca keluarkan untuk membelinya dari Gremio).

Artur Melo
Miralem Pjanic dan Arthur Melo

Kita juga harus menambahkan 10 juta euro amortisasi sang pemain yang telah dimasukkan ke neraca keuangan sehingga profit menjadi 60 juta euro. Perhitungan sama juga akan membuat Juventus untung 60 juta euro dari transaksi ini.

SkyItalia Wama88.org melaporkan bahwa transfer ini akan segera terwujud setelah Arthur dikatakan setuju untuk pindah ke Turin, halangan terakhir dari transaksi ini setelah Miralem Pjanic dikabarkan sangat senang menerima tawaran kubu Camp Nou.

Juve dilaporkan memberi kontrak 5,5 juta euro per musim bagi Arthur, tiga kali apa yang ia terima di Barcelona.