Dewagoal.com - Lionel Messi tidak dipungkiri lagi cukup lama bertakhta sebagai 'raja' di Barcelona. Pada usia yang makin menua, apakah sosok pemain muda Ansu Fati bisa meneruskan takhta Lionel Messi tersebut?

Lionel Messi kini berusia 32 tahun dan merayakan ulang tahun ke-33 pada 24 Juni mendatang. Tentu saja itu bukan usia yang muda lagi untuk pemain sepak bola. Tidak lama lagi dia bakal memasuki senja karir.

Akankah Ansu Fati Bisa Meneruskan Takhta Lionel Messi?
Akankah Ansu Fati Bisa Meneruskan Takhta Lionel Messi?

Memang, Lionel Messi masih menjadi yang terbaik di Barcelona. Pada musim 2019/2020 ini, dia mencetak 19 gol di La Liga. La Pulga menjadi pemain dengan jumlah gol paling banyak bagi Barcelona.

Penerus Takhta Lionel Messi

Akankah Ansu Fati Bisa Meneruskan Takhta Lionel Messi?
Akankah Ansu Fati Bisa Meneruskan Takhta Lionel Messi?

Ansu Fati baru berusia 17 tahun. Namun, dia telah bersaing di tim utama Barcelona. Dia mencetak gol di La Liga saat masih berusia 16 tahun 9 bulan, dan 16 hari. Lebih muda dari Lionel Messi.

Baca Juga : Dries Mertens Milih Bertahan Di Napoli Musim 2020/2021

"Secepat kilat, dribbling luar biasa, naluri mencetak gol dengan visi luar biasa, dan pemahaman permainan yang melebih usianya," ucap Guillem Balague, pakar sepak bola Spanyol, soal Ansu Fati kepada BBC Sport Wama88.

"Ceritanya bisa saja ditulis oleh sutradara di Hollywood. Sekarang dia berusia 17 tahun, dia adalah pencetak gol termuda di Barcelona, dia membantu tim. Dia juga menjadi pencetak gol paling muda tim di Liga Champions," ucap Guillem Balague.

Punya Segalanya untuk Gantikan Lionel Messi

Ansu Fati
Ansu Fati

Ansu Fati bergabung dengan La Masia pada usia 10 tahun. Orang tuanya berasal dari Guinea-Bissau, seorang imigran. Ansu Fati langsung masuk ke tim utama Barcelona, tanpa lebih dulu 'magang' di tim cadangan atau tim Barcelona B.

"Ansu Fati punya kemiripan yang luar biasa dengan gaya dan penampilan yang ditunjukkan Lionel Messi pada usia yang sama," kata Guillem Balague.

"Ansu Fati juga memiliki klausul rilis 170 juta euro pada kontraknya saat ini. Klausul itu bakal naik menjadi 400 juta euro, ketika sudah waktunya meneken kontrak secara penuh," ucap Guillem Balague.

Ansu Fati sejauh ini mencetak empat gol dari 16 laga di La Liga. Dia juga telah mencetak satu gol dari empat laga di Liga Champions. Cacatan yang dianggap luar biasa untuk musim pertama pemain berusia 17 tahun.