Dewagoal.com - Virgil van Dijk menjadi salah satu pemain paling berpengaruh di skuad Liverpool saat ini. Kedatangannya ke Anfield pada musim dingin 2018 kemarin memberikan dampak instan di lini pertahanan The Reds -julukan Liverpool.

Virgil van Dijk
Virgil van Dijk dan Klopp

Tim Merseyside mendatangkan bek asal Belanda itu dengan mahar senilai 75 juta pounds atau sekira Rp1,3 triliun. Dengan sejumlah uang tersebut, Van Dijk di kontrak selama lima musim atau tepatnya hingga 2023.

Virgil van Dijk Pindah ke Liverpool Karena Klopp

Virgil van Dijk
Virgil van Dijk Saat Mengangkat Piala Champion

Sebelum memutuskan untuk bergabung ke Liverpool Van Dijk sebenarnya punya pilihan lain terutama dua tim Liga Inggris lain yakni Manchester City dan Chelsea yang juga mengajukan tawaran kepada sang pemain.

Namun, pada akhirnya ia lebih memilih untuk merapat ke Anfield dengan beberapa alasan. Eks penggawa Southampton itu mengungkapkan salah satu faktor yang membuatnya tertarik bergabung ke Liverpool adalah sosok Jurgen Klopp.

Van Dijk menilai pelatih asal Jerman itu memiliki keistimewaan sebagai seorang manajer tim.

Baca Juga : Kepindahan Jadon Sancho ke Manchester United Semakin Menguat

Van Dijk juga merasa Klopp punya energi besar untuk membangun tim yang ditanganinya dan hal itu cukup terlihat saat Klopp berada di Borussia Dortmund.

“Saya punya kesempatan untuk bergabung ke beberapa tim lain terutama Manchester City dan Chelsea,” ujar Van Dijk, seperti dilansir dari laman Goal Wama88, Senin (6/7/2020).

“Ketika Anda membandingkan klub, Anda melihat sejarah, kota, skuad saat ini, rencana mereka untuk waktu dekat, tetapi hal terpenting yang Anda lihat adalah manajer dan Jurgen Klopp adalah alasan penting mengapa saya memilih Liverpool,” lanjut eks bek Southampton tersebut.

“Dia (Klopp) punya sesuatu yang istimewa. Dia punya semangat yang luar biasa untuk memberikan motivasi di tim. Klopp memberimu perasaan luar biasa ini. Mungkin terdengar sedikit berlebihan tapi itu benar-benar menginspirasi kamu sebagai pemain,” sambungnya.

Virgil van Dijk
Selebrasi Gol Virgil van Dijk

Saat ini, penampilan impresif Van Dijk di Liverpool membawanya menjadi salah satu pemain yang paling bepengaruh dalam skuad Klopp.

Bek 28 tahun itu juga kabarnya bakal jadi pemain dengan gaji termahal dalam sejarah klub.

Gaji Van Dijk naik karena eks pemain Southampton itu segera menandatangani kontrak baru dengan si Merah.

Nantinya, bek berambut panjang itu akan mendapat kontrak lima tahun dan membuatnya berada di Stadion Anfield hingga 30 Juni 2025.